.

Sejarah nama-nama hari

Diposting oleh NANDO NASAWEWE DOKE
Rabu, 20 Oktober 2010

Sejarah nama-nama hari



Minggu
Minggu adalah hari pertama dalam satu minggu/pekan Kata minggu diambil dari bahasa Portugis Domingo yang artinya hari Tuhan. Nama lain hari Minggu adalah Ahad  yang berarti satu dan diambil dari bahasa Arab. .Hari Minggu adalah sebuah hari libur. Untuk umat Kristen, hari ini merupakan hari untuk Beribadah. Untuk agama Pagan Hari Minggu adalah hari untuk beristirahat dan beribadah kepada dewa matahari. Nama lainnya adalah Aditya, yang di ambil dari bahasa sansakerta yang artinya matahari.

Senin
Senin adalah hari kedua dalam satu minggu/pekan.  Kata Senin  diambil dari bahasa Arab Isnain  yang berarti dua. Nama lain dari Senin adalah Soma, yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti bulan.

Selasa
Selasa adalah hari ketiga dalam satu minggu/pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga. Nama lain lagi untuk hari ini adalah Anggara, yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti planet Mars

Rabu
Rabu adalah hari keempat dalam satu minggu/pekan. Kata Rabu diambil dari ahasa Arab yang berarti empat. Nama lain dari Rabu, adalah Buda yang diambil dari bahasa Sansakerta yang berarti Planet Merkurius.

Kamis
Kamis adalah hari kelima dalam satu minggu/pekan. Kata Kamis atau Khamis diambil dari bahasa Arab yang berarti lima. Nama lain dari Kamis, adalah Respati yang diambil dari bahasa Sansekerta yanng berarti Planet Yupiter.

Jumat
Jumat adalah hari keenam dalam satu minggu/pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab Jumu'ah yang berarti ramai. Nama lain dari Jumat adalah Sukra yang diambil dari bahasa Sansakerta yang berarti Planet Venus. Bagi umat Islam, hari jumat adalah hari untuk pergi beribadah ke Masjid.

Sabtu
Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu satu minggu/pekan Kata Sabtu diambil dari bahasa Ibrani sabbat  yang berarti "dia berhenti". Nama lain dari Sabtu  adalah Saniscara yang diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti Planet Saturnus, Hari Sabtu adalah hari istirahat dan hari beribadatnya umat Yahudi. Sabtu adalah Hari Ketujuh Sabat. Hari perhentian Tuhan setelah menciptakan bumi dan seisinya.Hari Sabat diciptakan untuk umat Kristiani dan Yahudi (Keluaran 20:8-11). Pada abad pertama Umat Kristen menguduskan Sabtu. Semua itu mulai dilupakan sejak Constantin merubah Hari Sabat dari Hari Sabtu ke Hari Minggu. Constantin membuat Hari Minggu sesuai kepercayaan Romawi (Hari penyembahan Dewa Matahari). Itulah sebabnya Umat Kristen sekarang menguduskan Hari Minggu. Hanya ada beberapa denominasi Kristen yang menguduskan Hari Sabtu (Sabat) yaitu Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Gereja Yesus Sejati, Baptis Hari Ketujuh, United Church of God , an International Association, Messianic Judaism (Yahudi yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi/Tuhan), Gereja Ortodoks Ethiopia Tewahedo, dan Gereja Jemaat Allah Global Indonesia (Gereja Unitarian Indonesia).

Posting Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI

New Articles

Photobucket Photobucket FORZA MILANO....FORZA MILANO...FORZA MILANO..

Label

Copyright © 2010 nasawewe

Powerd by : Blogger | Google Chrome | Opera Web Browser | Mozilla Firefox

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata